6+ Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Khasiat Pisang – Satu buah dengan rasa enak yang sanggup kita nikmati dengan bermacam cara. Menyaapabilannya bersama roti gandum ketika sarapan, menciptakannya menjadi smoothie yang segar, dipadu-padankan dengan buah-buahan lain, atau eksklusif dimakan tanpa ada varian tambahan. Itulah buah pisang.

Tidak hanya lezat, pisang pun terdapat dampak yang baik bagi kesehatan. Menurut penelitian, ketika kau secara rutin mengonsumsi 3 buah pisang, itu sama saja memberi 1.500 mg potassium yang berkhasiat untuk menambah tenaga tubuh, melancarkan peredaran darah, merawat kulit, dan mencerdaskan otak.

 Satu buah dengan rasa enak yang sanggup kita nikmati dengan bermacam cara 6+ Khasiat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Sebelum kita membahas lebih dalam seputar manfaat pisang, sebaiknya ketahui dahulu apa saja kandungan nutrisi di dalamnya.

Buah pisang berukuran lagi mempunyai kandungan:
  • 110 kalori
  • 0.5 gram lemak
  • 27 gram karbohidrat
  • 14 gram gula
  • 3 gram serat
  • 1 gram protein nabati
  • 25% vitamin B6
  • 16% mangan
  • 14% vitamin C
  • 12% potassium
  • 12% fiber
  • 10% copper
  • 10% biotin
  • 8% magnesium

 Satu buah dengan rasa enak yang sanggup kita nikmati dengan bermacam cara 6+ Khasiat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Berikut sederet manfaat pisang bagi kesehatan yang sanggup kau dapatkan:

 Satu buah dengan rasa enak yang sanggup kita nikmati dengan bermacam cara 6+ Khasiat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Meningkatkan energi tubuh

Saat merasa lelah dan tak berenergi, kau sanggup mengonsumsi buah ini. Hanya dalam sekejap saja, tubuh kau akan kembali bertenaga.

Buah pisang mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk gula yang sanggup dicerna eksklusif oleh tubuh menjadi energi. Ini sangat baik untuk menggantikan energi sesudah kau berolahraga atau acara fisik yang berat.

2. Kaya akan potassium (kalium)

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kalium, setaknya mempunyai kandungan 500 mg kalium per pisang.

Ada kaya sekali manfaat kalium untuk tubuh kita. Mulai dari melancarkan peredaran darah, mencegah serangan jantung, mengurangi kolesterol, cegah stroke, hipertensi, dan masih kaya lagi.

Selain itu, berdasarkan penelitian konsumsi kalium yang cukup juga sanggup membantu mengurangi risiko terkena kerikil ginjal, asam urat, ADHD, sakit punggung, sakit kepala, dan masih kaya lagi.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Buah pisang mempunyai kandungan sekitar 3 gram serat, yang kira-kira sanggup mencukupi 10 % kebutuhan serat harian. Serat yang terkandung dalam buah pisang sanggup membantu mengatasi sembelit, kembung, diare dan bermacam dilema pencernaan lain.

Serat buah pisang sanggup pula membantu pemeliharaan dan pemulihan fungsi usus. Mengingat, kandungan serat tersebut bekerja dengan mengikat kotoran dan racun, kemudian membuangnya melalui sistem ekskresi kita.

4. Memperbaiki mood dan membuat hatimu bahagia

Pisang mempunyai kandungan asam amino yang disebut dengan triptofan. Senyawa ini memfasilitasi dalam regulasi serotonin dalam tubuh, atau yang disebut juga dengan hormon bahagia.

Mengonsumsi buah pisang secara rutin sanggup membantu memperbaiki suasana hati kita, sekaligus menghilangkan depresi dan kecemasan. Makara jika kau lagi galau, tak ada salahnya deh mengonsumsi buah satu ini. Hehe.

5. Baik untuk otak, kulit, dan tulang

Mangan termasuk nutrisi yang penting bagi fungsi sistem organ dalam tubuh. Sebagaimana menjaga struktur tulang rangka tetap kuat, menjaga kesehatan kulit, fungsi otak, dan mengurangi efek radikal bebas.

Satu buah pisang bisa mencukupi 16 % kebutuhan mangan harian kita. Ditambah lagi, pisang mempunyai kandungan vitamin C tinggi yang sanggup memicu produksi kolagen, sesampai kemudian akan membuat kulit selalu infinit muda.

6. Mengandung rendah kalori, jadi cocok untuk diet

Daripada kau ngemil masakan yang enak namun kurang sehat, lebih baik ganti dengan buah satu ini. Pisang termasuk buah rendah kalori, hanya 100-110 kalori per buah pisang berukuran lagi. Mengonsumsinya secara rutin tak akan membuat timbanganmu semakin mengkhawatirkan.

Ditambah lagi, buah pisang terdapat kandungan serat yang tidak mengecewakan tinggi. Selain baik bagi pencernaan, serat juga berkhasiat untuk membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, pisang cocok untuk mendukung program diet yang cukup lagi kau jalani.

Cara Mengonsumsi Pisang yang Sehat

Pisang yang sudah matang sanggup eksklusif disantap, namun kau juga sanggup mengolahnya menjadi bermacam jenis masakan camilan. Menurut para ahli, buah pisang sanggup menjadi masakan kudapan yang lebih sehat dibanding biskuit.

 Satu buah dengan rasa enak yang sanggup kita nikmati dengan bermacam cara 6+ Khasiat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Akan tenamun ingatlah untuk hindari mengonsumsi pisang dengan cara digoreng, menyerupai contohnya pisang goreng atau pisang molen. Menggoreng sanggup mengubah pisang menjadi masakan yang merugikan, alasannya justru memusnahkan kandungan nutrisinya dan meningkatkan kadar lemak trans. 

Hal tersebut sanggup meningkatkan risiko kau terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, hipertensi, dan penyakit serangan jantung. Ingat-ingat ya!

Jadi bagaimana mengolah pisang biar kebaikan yang terkandung di dalamnya sanggup bertahan? Nah sedikit tipsnya:
  • Dijadikan sebagai jus atau smoothie. Kamu sanggup menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan segar lain.
  • Campurkan irisan pisang dengan oatmeal. Supaya lebih bernutrisi lagi, kau sanggup juga menambahkan kacang almond atau buah-buahan lain.
  • Pisang yang telah dihaluskan juga sanggup dicampur dengan campuran kudapan manis bolu. Selain sanggup menambah cita rasa, kudapan manis bolu buatanmu juga akan lebih bernutrisi.
  • Mengoleskan selai kacang pada pisang juga sanggup menjadi pilihan yang tepat.

Note: untuk mendapat sederet manfaat pisang di atas, jangan lupa imbangi pula dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi dengan cara yang bijak.

Itulah sedikit manfaat buah pisang untuk kesehatan yang sanggup admin sampaikan. Apabila ada yang kurang terang, atau ada pertanyaan eksklusif saja sampaikan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6+ Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel