Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dikonsumsi

Makanan Sehat Ibu Hamil – Kesehatan dan perkembangan bayi tergantung dari kau mengonsumsi masakan apa dikala lagi hamil. Ketika lagi mempunyai kandungan, bergotong-royong kau tak perlu seolah-olah makan untuk dua orang. Faktanya, kau hanya perlu menambah sekitar 300 kalori tambahan, yakni setara dengan satu buah pisang dan semangkuk sereal dengan susu rendah lemak.

Hanya saja, tentu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil harus dari bermacam jenis masakan yang berbeda. Misalnya saja makanan berkalsium untuk membentuk tulang bayi, asam folat mencegah lahir cacat, dan zat besi untuk membantu sel darah merah membawa oksigen pada janin. Jika gizi ibu hamil tersebut tak terpenuhi, maka karenanya akan fatal untuk buah hatimu nanti.

 Kesehatan dan perkembangan bayi tergantung dari kau mengonsumsi masakan apa dikala lagi  Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Dikonsumsi

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Tidak ingin kan kehamilanmu mengalami keguguran hanya alasannya yaitu salah makan? Oleh alasannya yaitu itu, yuk ketahui masakan dan minuman apa saja yang sehat untuk ibu hamil berserta keuntungannya berikut ini.

1. Sayur dan buah

Buah dan sayur menjadi komponen utama masakan sehat untuk ibu hamil. Konsumsilah setaknya lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan tiap hari semoga mendapat asupan gizi yang bermacam-macam menyerupai vitamin, mineral, dan serat.

Sayuran hijau menyerupai bayam dan kale sangat disarankan, alasannya yaitu ia mempunyai kandungan vitamin A, K, C, dan asam folat yang penting untuk kesehatan mata. Sedangkan untuk buah, kau sanggup mengonsumsi pisang yang memiliki kandungan zat besi tinggi.

2. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya, menyerupai yoghurt, kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk membentuk tulang bayi dan memperkuat tulang ibu hamil.

Akan tenamun tunggu dahulu, tak semua brand susu ibu hamil itu baik lho, kau pun harus lebih cermat dalam menentukan kandungan gizi didalamnya.

Susu ibu hamil yang bagus itu setaknya harus mempunyai kandungan zat-zat nutrisi antara lain kalsium, vitamin D, DHA, asam folat, dan zat besi. Ingat-ingat ya!

3. Daging tanpa lemak, ikan, dan telur

Kelompok masakan ini mempunyai kandungan protein hewani yang mempunyai kegunaan untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga pada masa kehamilanmu.

Telur juga diperkaya dengan kolin yang sanggup mendukung perkembangan otak sekaligus badan janin, dan mengurangi risiko cacat tabung saraf. Sedangkan, ikan salmon kaya akan kandungan omega 3 yang sanggup menjaga mood ibu hamil dan meningkatkan kecerdasan janin.

Namun sebaiknya kau lebih berhati-hati dalam mengonsumsi ikan salmon. Untuk menghindari paparan merkuri, disarankan semoga tak mengonsumsi lebih dari 340 gram ikan salmon dalam sepekan. Selain itu, hindarilah daging yang sudah diolah menjadi sosis, alasannya yaitu cukup mempunyai kandungan basil dan parasit.

4. Kacang-kacangan

Mitos yang kini beredar merupakan ibu hamil dihentikan makan kacang tanah, alasannya yaitu konon sanggup menimbulkan alergi pada bayi yang ia kandung. Namun faktanya, hingga lalu kini belum ada penelitian yang bisa menandakan kondisi tersebut. Terjadinya alergi cukup saja alasannya yaitu sebelumnya ia sudah terdapat riwayat alergi terhadap kacang-kacangan.

Padahal, kacang-kacangan berperan dalam mencukupi kebutuhan serat ibu hamil, sesampai lalu sanggup mencegah sembelit dan wasir. Selain itu, kelompok masakan ini juga kaya akan kandungan kalsium, folat, zat besi, dan seng yang tentunya bagus untuk memperlihatkan asupan gizi janin. Sebelum mengonsumsi kacang-kacangan apapun itu jenisnya, sebaiknya ketahui riwayat dahulu apa kau alergi atau tak.

5. Makanan sumber karbohidrat

Gandum utuh mempunyai kandungan kaya akan nutrisi, serat, vitamin E, dan selenium yang baik untuk mendukung perkembangan janin. Bahan ini sanggup kau dapatkan antara lain dalam nasi merah, roti gandum, pasta, dan oatmeal.

Karbohidrat sangatlah penting untuk ibu hamil. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga sanggup membantu mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh. Tapi ingat, jangan mengonsumsinya berlebihan yah. Karena bagaimana pun, karbohidrat berlebihan akan menciptakanmu tambah gemuk.

6. Air putih

Selama masa kehamilan, kau disarankan untuk mengonsumsi air putih setaknya 2,5 liter (10 gelas) dalam sehari. Minum air cukup sanggup mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, kontipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih.

Namun apabila merasa mual minum air putih, kau sanggup menggantinya dengan jus, susu, atau buah yang mempunyai kandungan air tinggi. Yang terpenting merupakan hindarilah minuman dengan gula berlebihan, beralkohol, soda, dan minuman kurang sehat lainnya. Selain ancaman untuk janin, minuman tersebut juga memicu diabetes.

7. Suplemen

Walau sudah mengonsumsi bermacam jenis makanan, cukup saja kau masih melewatkan nutrisi ibu hamil tertentu. Suplemen vitamin barangkali sanggup menjadi solusi untuk memenuhinya.

Salah satu embel-embel yang sanggup kau konsumsi merupakan TTD (tablet tambah darah) yang terdapat kandungan setara 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat. Namun sebelum mengonsumsinya, lebih baik konsultasikan dahulu kepada dokter.

Cermat Mempersiapkan Makanan Ibu Hamil

Mengolah masakan sendiri sanggup menjadi cara terbaik untuk menjaga kualitas dan kebersihan masakan yang hendak kita konsumsi. Berikut ini merupakan panduan bagi para calon ibu untuk mempersiapkan masakan sehat ibu hamil sendiri di rumah:

 Kesehatan dan perkembangan bayi tergantung dari kau mengonsumsi masakan apa dikala lagi  Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Dikonsumsi
  • Cuci higienis tanganmu dan bermacam peralatan yang akan dipakai untuk mengolah makanan
  • Cuci juga semua sayuran dan buah-buahan yang akan dimasak supaya higienis dari sisa tanah yang cukup saja mempunyai kandungan toksoplasma
  • Demi menghindari kontaminasi (seperti campylobacter, salmonella, dan E.coli) pisahkan penyimpanan masakan mentah menyerupai daging dengan masakan yang siap santap di dalam lemari pendingin
  • Gunakan talenan yang berbeda untuk memotong daging mentah dengan alasan yang sama di atas.
  • Masaklah daging hingga lalu benar-benar matang. Perhatikan baik-baik hingga tak menyisakan warna merah, apalagi untuk daging yang masih dilapisi kulit. Lakukan hal yang sama ketika memasak telur.
  • Ketahui dan hindari makanan yang harus dihindari ibu hamil, menyerupai contohnya masakan mentah dan hati.

Adapun pola panduan makan ibu hamil yang sanggup kau gunakan pada kehamilan trimester pertama antara lain sebagai berikut:

 Kesehatan dan perkembangan bayi tergantung dari kau mengonsumsi masakan apa dikala lagi  Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Dikonsumsi

Sarapan.
  • Jus Buah
  • Nasi Goreng
  • Telur mata sapi
  • Susu /susu khusus kehamilan
Makan siang.
  • Nasi
  • Sayur Bening
  • Ikan bumbu kuning
  • Tempe goreng
  • Buah Jeruk
Makan Malam.
  • Nasi
  • Bistik
  • Bakwan Jagung
  • Selada Buah
  • Susu (menjelang tidur)

Makanan sehat ibu hamil diatas sebaiknya dikonsumsi setiap hari hingga lalu kehaliran nanti datang. Jangan lupa sertai dengan menerapkan pola hidup sehat menyerupai berolahraga, tidur cukup, dan menghindari stres semoga kehamilanmu berjalan lancar.

0 Response to "Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dikonsumsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel